Cara Akses Mikrotik dengan Winbox Tanpa Menggunakan Routerboard {VirtualBox}

2:02:00 AM , 0 Comments

Assalamualaikum wr wb.

Syudah lama sekali ane ga ngepost nih, karna terlahang oleh ujian dan liburan yang cukup panjang. Nah hari ini saya sudah mulai beraktifitas lagi, tetapi tidak di sekolah. hari ini adalah hari pertama saya Prakerin atau yang biasa disebut PKL(Praktek Kerja Lapangan). Pada kesempatan kali ini saya akan mengepost berbeda dengan materi berikutnya dan labelnya berbeda pula hihi. Karena kali ini saya mengepost tentang Mikrotik, bagi seorang yang condong ke server buat saya mikrotik cukup asing karena pada saat disekolah saya belum diajarkan materi mikrotik.

Materi kali ini adalah cara akses mikrotik dengan winbox tanpa menggunakan routerboard di virtualbox. Karena saya tidak menggunakan routerboard maka saya akan membuat ip sendiri antar virtual yang akan terhubung dengan winbox.

Langkah - Langkahnya sebagai berikut :

1. Pertama pastikan VM mikrotiknya dalam keadaan mati, lalu setting Adapter 1 menjadi Host Only Adapter.


2. Pindah ke tab Adapter 2, Kemudian Setting menjadi NAT


3.) Jika sudah jalankan VM Mikrotiknyaa, untuk login masukan "admin" untuk password biarkan saja kosong(lansung enter).


4. Jika sudah berhasil login, coba cek apakah ip address sudah ada apa tidak, jika tidak ada maka kita akan membuatnya sendiri.
ip address print

5. Kemudian kita akan menambahkan/mebuat ip addressnya, dengan cara sebagai berikut.
ip address add address=192.168.1.1/24 interface=ether1
ip address add address=192.168.0.1/24 interface=ether2
Jangan lupa untuk mengeceknya, apakah ip address sudah berhasil kita buat atau tidak, dengan cara seperti nomor 4.


6. Kemudian buka control panel --> pilih network and internet --> pilih view network status and tasks --> pilih change adapter settings --> pilih VirtualBox Host-Only Network


7. Setelah itu setting IPv4, masukan ip address dan gateway sebagai berikut.


8. Jika sudah setting ip, lakukan ping dari VM Mikrotik ke IP virtualbox host yang baru saja di setting.
ping 192.168.1.2

9. Lakukan login di winbox dengan ip address 192.168.1.1 atau bisa login dengan MAC Address VM Mikrotiknya.


10. Jika berhasil maka tampilan winboxnya jadi seperti ini.


Cukup sekian post saya tentang cara akses winbox dengan mikrotik tanpa menggunakan routerboard.
Mohon dimaafkan apabila terdapat banyak kesalahan
Wassalamualaikum wr wb.

Pandutama

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: